5 FAKTA TENTANG BURUNG JALAK YANG PERLU ANDA KETAHUI


Kicau Medsa
- Indonesia adalah negara yang memiliki beragam jenis flora dan fauna. Bahkan ada banyak juga fauna endemik, yang salah satunya adalah jalak bali. Jalak bali atau Leucopsar rothschildi ini adalah fauna yang dilindungi karena sempat dinyatakan nyaris punah.

Burung khas Pulau Bali yang sering disebut sebagai curik putih atau curik bali, ini banyak diburu karena kecantikannya. Karena itu, jumlah jalak bali di alam liar terus berkurang. Mengetahui hal itu, pemerintah mengambil tindakan dengan menjadikan fauna ini sebagai hewan yang dilindungi.

Bukan hanya memiliki bulu yang cantik, hewan ini juga memiliki kicauan yang merdu, lo. Selain itu, ada beberapa fakta menarik lain tentang burung jalak bali ini.

Fakta-Fakta tentang Jalak Bali

1. Warna Putih yang Cantik dan Suara Merdu

Jalak bali adalah jenis burung yang terkenal karena bentuk fisiknya yang cantik serta suara merdu. Burung khas Pulau Bali ini memiliki warna bulu dominan putih bersih. Pada bagian sayap dan ekor memiliki bulu berwarna hitam.

Lalu, pada bagian wajah, teman-teman akan melihat mata berwarna cokelat tua. Di sekeliling mata, tidak ditumbuhi bulu namun kulit pada kelopak mata itu berwarna biru. Warna biru pada kelopak mata jalak bali menjadi salah satu daya tarik dari fauna ini.

Jalak bali memiliki suara kicauan yang khas berupa campuran siul dengan jeda nada beberapa saat dan suara lengkingan.

2. Hanya Makan Satu Kali Sehari

Hal unik lain dari jalak bali adalah proses mencari makan. Jalak bali ternyata hanya makan sehari sekali, lo. Burung ini mencari makan dengan cara menggali tanah menggunakan paruhnya.

Fauna endemik ini akan menggali tanah gembur yang ada di sekitar tempat tinggalnya untuk mendapatkan cacing, serangga, atau larva. Pola makan, burung ini pun cukup unik, ia hanya akan mencari makan sekali setiap harinya.

3. Sempat Terancam Punah

Sejak awal ditemukan, jumlah burung jalak bali terus berkurang, hingga dinyatakan nyaris punah. Jalak bali ini pertama kali ditemukan pada tahun 1910 dengan jumlah 500 hingga 900 ekor.

Namun jumlah itu terus berkurang, pada tahun 1984 populasi jalak bali berkurang dan hanya tersisa 125 hingga 180 ekor. Bahkan pada tahun 2005 jumlahnya kembali menurun yaitu sekitar 50 ekor.

Jumlah itu membuat pemerintah memperketat perlindungan, agar fauna ini bisa berkembang biak dengan baik. Dengan melakukan pelestarian alam yang merupakan habitat dari jalak bali, jumlah fauna endemik ini pun bisa bertahambah.

Pada tahun 2015 jumlah populasi jalak bali meningkat menjadi 75 ekor, tahun 2017 menjadi 81 ekor, dan satu tahun setelahnya bertambah menjadi 109 ekor. Per September 2020 populasi jalak bali sudah mencapai 355 ekor.

Setelah berhasil meningkatkan jumlah jalak bali, pihak Taman Nasional Bali Barat memiliki tugas untuk mengembalikan sifat liar dari jalak bali ini. Bila teman-teman ingin melihat kecantikan jalak bali, bisa berkunjung langsung ke Taman Nasional Bali Barat.

4. Telur Berwarna Biru

Keunikan lain dari jalak bali adalah warna telur. Burung ini akan bertelur setiap musim kawin pada bulan basah atau musim penghujan. Telur jalak bali memiliki warna biru cantik, yang tidak biasa dimiliki hewan-hewan lain.

Selain itu, burung yang biasa hidup berkelompok ini akan mengubah kebiasaanya dan hidup berpasangan saat musim penghujan. Jalak bali akan membuat sarang di pohon dengan ketinggian sekitar 175 cm.

5. Maskot Pulau Bali

Curik putih atau curik bali ini sudah cukup lama menjadi maskot Pulau Bali. Sejak ditemukan, pada tahun 1910, jalak bali mulai mendapat perhatian karena kecantikannya. Hingga akhirnya pada tahun 1991 hewan ini resmi menjadi maskot Pulau Dewata.

Bukan hanya menjadi maskot, kecantikan burung ini juga sampai diabadikan dalam mata uang Indonesia, lo. Gambar jalak bali ini diukir pada kepingan logam 200 rupiah terbitan 2008.

Nah, itu tadi 5 fakta menarik tentang jalak bali yang merupakan fauna endemik Pulau Bali. Hewan ini memiki keunikan pada bentuk fisik dan suara kicauan yang merdu.

sumber : grid.id

5 FAKTA TENTANG BURUNG JALAK YANG PERLU ANDA KETAHUI 5 FAKTA TENTANG BURUNG JALAK YANG PERLU ANDA KETAHUI Reviewed by medsa on April 12, 2024 Rating: 5

No comments:

BERITA TERPOPULER

Powered by Blogger.