SIAPA YANG MENDANAI IKN NUSANTARA?

Foto Istimewa

Medsa.id
- Badan Otorita IKN mengklaim minat swasta untuk berinvestasi lebih besar dari lahan yang tersedia. Proyek bernilai Rp466 triliun itu juga bakal jalan terus, meskipun perekonomian dunia diprediksi akan menghadapi resesi.

Pembangunan IKN tahap pertama sudah dimulai dengan menggunakan dana dari APBN, dan akan berlangsung hingga 2024.

Pemerintah mengklaim IKN akan mendorong pembangunan dan menggerakkan ekonomi di Indonesia timur.

Namun, sejumlah pengamat ekonomi masih skeptis pembangunan IKN akan memberikan dampak yang signifikan pada ekonomi nasional. Megaproyek IKN juga dikhawatirkan bakal menambah beban keuangan negara.

Pemerintah dinilai melakukan spekulasi dengan memulai pembangunan menggunakan APBN karena belum tentu ke depannya swasta akan tertarik.

Apalagi, IMF telah memprediksi perlambatan ekonomi global akibat perang di Ukraina serta naiknya harga-harga kebutuhan dasar, yang mendorong para investor untuk berinvestasi di aset-aset yang aman.

Investasi swasta – baik investasi langsung maupun melalui kemitraan dengan pemerintah – direncanakan menyumbang 80% pendanaan proyek bernilai Rp466 triliun ini, sekitar Rp372 triliun. Sisanya dibiayai oleh APBN.

Presiden Joko Widodo berusaha meyakinkan para pengusaha untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Salah satu hal yang ia tekankan adalah jaminan keberlanjutan proyek IKN, meski pemerintahan telah berganti.

“Untuk keberlanjutan IKN Nusantara, ini juga sudah sering saya sampaikan, bapak-ibu sekali lagi tidak perlu ragu, tidak perlu bimbang, karena payung hukumnya sudah jelas ... yaitu undang undang nomor 3 tahun 2022. Dan itu, ini juga kita harus tahu semuanya, sudah disetujui 93% dari fraksi-fraksi yang ada di DPR,” kata Presiden Jokowi di hadapan pengusaha dan ASN dalam forum jajak pasar di Jakarta, Selasa (18/10).

Mempromosikan IKN Nusantara sebagai kota hijau masa depan, Jokowi kembali menegaskan bahwa tujuan pembangunan IKN Nusantara adalah pemerataan pembangunan serta membangun ekonomi di wilayah Indonesia Timur.

Ia mengatakan pintu terbuka lebar bagi para pengusaha untuk berinvestasi di IKN.

“Bapak-ibu bisa pilih mau di mana, mau investasi di sebelah mana? Mau di kawasan inti, ya harganya beda... Di financial center, di kawasan healthcare center, di kawasan education center, di housing area, di tourism area silakan.”

“Saya sampaikan ini adalah kesempatan pertama dan kesempatan emas yang tidak akan terulang lagi,” ia menambahkan.

Investasi sudah dibuka untuk 921 hektare lahan di bagian utara Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sebagai pemanis bagi investor, Badan Otorita IKN serta Kementerian Investasi menyiapkan berbagai insentif. Detailnya akan dijabarkan dalam peraturan pemerintah yang saat ini tengah disusun.

Wakil Kepala Otorita IKN, Dhonny Rahajoe, mengatakan paket insentif investasi di IKN akan berbeda dengan kawasan lain di Indonesia. Termasuk dalam paket tersebut ialah kemudahan perizinan serta keringanan pajak.

“PPN, PPH ditanggung pemerintah. Misalnya, para profesional yang bekerja di sana waktu tertentu akan kita bebaskan. Kemudian kita sedang diskusikan juga tentang tax holiday yang sepanjang-panjangnya — kita sudah usulkan 30 tahun … kemudian ada super tax deduction untuk vokasi, untuk pembangunan infrastruktur, untuk pembangunan taman, dan segala macam,” Dhonny menjabarkan.

Insentif lainnya ditawarkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Menteri Hadi Tjahjanto mengungkapkan rencana memberikan perizinan Hak Guna Bangunan (HGB) selama 80 tahun yang berpotensi diperpanjang hingga 160 tahun di IKN.

Dalam wawancara dengan kantor berita Antara, Hadi menjelaskan perizinan itu akan dicek setelah 30 tahun, dan jika setelah 80 tahun HGB itu masih dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat, pihaknya masih bisa memperpanjang sampai 80 tahun lagi.

“Sehingga (total) 160 tahun, namun nanti yang kita izinkan adalah selama 80 tahun. Itu yang akan kita berikan kemudahan," kata Hadi.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengklaim jumlah pengusaha yang menyatakan komitmen berinvestasi dalam bentuk letter of interest 25 kali lipat lebih banyak dari lahan yang tersedia.

Ia pun mengajak pihak swasta agar tidak ragu berinvestasi di IKN, meskipun dunia sedang dibayangi ancaman resesi.

Dana moneter internasional (IMF) telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global untuk tahun 2023 dan memperingatkan dunia akan mengalami resesi yang parah akibat gangguan pada rantai pasok dan perang Rusia-Ukraina.

“Saya selalu menyampaikan ke teman teman pengusaha. Mari kita bersiap siap dari sekarang agar nanti kalau ada gelombang ekonomi yang kurang baik, kita sudah punya papan selancar. We are surfing against the wave,” ujarnya.

Senada dengan Bambang, Ketua Kamar Dagang dan Industri, Kadin, Arsjad Rasjid, mengingatkan bahwa IMF sendiri memandang prospek ekonomi Indonesia lebih baik dari negara-negara lain di tengah situasi yang buruk ini.

Saat berkunjung ke Jakarta pada bulan Juli, Direktur IMF Kristalina Georgieva menyebut Indonesia “titik terang” di tengah suramnya ekonomi global. Ia merujuk pada keberhasilan Indonesia mempertahankan inflasi di sekitar 4% – lebih rendah dari negara-negara lain – serta prediksi IMF bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh 5% pada 2023.

Ketua Kadin Arsjad Rasjid mengatakan, di tengah situasi ekonomi global yang buruk, IKN dapat menjadi mesin pertumbuhan baru.

“Jadi ada dua sisi. Di sisi ini, yes, ekonomi melamban, di sisi lain kita harus mempersiapkan bilamana nanti dunia tidak lagi mengalami ini. Karena kalau kita tunggu-tunggu, nanti setelah ekonomi melaju, belum ada (investasi),” ujar Arsjad.


Masih didanai negara

Sementara ini, IKN dibangun dengan menggunakan dana APBN. Pembangunan tahap pertama direncanakan berlangsung hingga 2024, dengan Presiden Jokowi menargetkan perayaan 17 Agustus di IKN.

Kementerian PUPR sudah mulai membangun sejumlah infrastruktur dasar untuk menopang IKN, antara lain Jalan Lingkar Sepaku dan Bendungan Sepaku Semoi. Kementerian menyiapkan 34 paket pekerjaan konstruksi di KIPP senilai Rp23 triliun dan 25 paket di luar KIPP senilai Rp11,32 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono telah mengatakan pembangunan IKN di Kalimantan Timur selama tiga tahun ke depan membutuhkan anggaran sebesar Rp43 triliun, dengan kemungkinan tambahan Rp15 triliun. Alokasi anggaran PUPR untuk 2022 adalah Rp5,1 triliun, pada 2023 mencapai Rp20,8 trilun, dan sisanya akan dianggarkan pada 2024.

Kepala Badan Otorita IKN, Bambang Susantono, mengatakan pembangunan tahap pertama menggunakan APBN adalah cara untuk membangun kepercayaan investor.

“Bahwa memang pemerintah Indonesia sangat serius untuk membangun Nusantara ini kedepannya. Nah, ke depan setelah mereka melihat apa yang akan kita bangun hingga 2024, harapan kita adalah nanti pola pola seperti PPP (public private partnership), kemudian partisipasi rakyat melalui creative financing, blended finance, you name it,” kata Bambang dalam wawancara dengan BBC News Indonesia pada bulan Agustus.

“Jadi saya kira memang di tahap awal ini kita akan melihat dominasi dari APBN, tapi ke depannya nanti tentu saja kita harapkan partisipasi swasta akan lebih meningkat lagi gitu.”

Menurut UU IKN, salah satu visi pembangunan IKN ialah membangun superhub ekonomi yang akan mengintegrasikan tiga kota: IKN, Balikpapan, dan Samarinda. Visi tersebut diwujudkan dengan pembangunan enam klaster ekonomi: industri teknologi bersih, farmasi terintegrasi, industri pertanian berkelanjutan, ekowisata, industri kimia, dan energi rendah karbon.

Bappenas berharap pengembangan klaster industri kimia saja dapat menciptakan hampir 40.000 lapangan kerja dan berkontribusi sebesar US$6,5 miliar (Rp101 triliun) pada PDB nasional.

Bagaimanapun, sejumlah ekonom tetap skeptis. Pengamat makro ekonomi dari INDEF, Rizal Taufikurrahman, khawatir sebelum semua tujuan ambisius itu terwujud IKN malah membebani APBN.

Penelitian yang dilakukan Indef pada 2019 menyimpulkan bahwa meskipun pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur sedikit berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di wilayah, dampaknya pada pertumbuhan ekonomi nasional tidak signifikan.

Menurut penelitian tersebut, Pendapatan Regional Domestik Bruto (PDRB) riil - salah satu indikator pertumbuhan ekonomi - akan meningkat sekitar 0,2% dalam jangka pendek maupun jangka panjang akibat pemindahan ibu kota. Sementara peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional hanya 0,02% dalam jangka pendek dan 0% dalam jangka panjang.

Itu karena proyek IKN pada dasarnya memindahkan aktivitas tata kelola administrasi pemerintahan dan bukan aktivitas bisnis dan ekonomi atau perdagangan, kata Rizal.

“Jadi posisi di struktur ekonomi kita sektor instansi pemerintah itu sangat kecil, jadi dorongan terhadap ekonominya juga pasti sangat kecil,” ujarnya.

Rizal berpendapat masih banyak kendala yang perlu diselesaikan pemerintah sebelum IKN dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Salah satunya adalah konektivitas Kalimantan Timur dengan wilayah-wilayah lain.


Sumber : https://www.bbc.com/indonesia

SIAPA YANG MENDANAI IKN NUSANTARA? SIAPA YANG MENDANAI IKN NUSANTARA? Reviewed by medsa on April 19, 2024 Rating: 5

No comments:

BERITA TERPOPULER

Powered by Blogger.