KONTROVERSIAL!!! WACANA ATURAN BARU DARI FIFA

Induk sepakbola dunia FIFA, sedang menggodok regulasi pertandingan baru yang agak kontroversial (Foto : sport.sindonews.com)

Medsa.id
- Berita seputar dunia sepakbola memang ga akan pernah ada habisnya. Mulai berita pertandingan, para pemain, pelatih, klub hingga supporter. Tapi, berita kali ini datangnya dari induk sepakbola dunia, FIFA. Ya, saat ini FIFA sedang ramai jadi pemberitaan karena sedang menggodok 5 regulasi baru pertandingan sepakbola. Baru wacana, tapi sudah mendapat banyak penolakan dari banyak pihak didunia Karena memang agak kontroversial.


Berdasarkan laporan Mundo Deportivo, FIFA bakal melakukan eksperimen regulasi baru tersebut pada turnamen pemuda bertema "Future of Football Cup". Rencananya akan ada 19 tim yang bakal terlibat pada turnamen ini. Beberapa pesertanya antara lain adalah tim U-19 dari PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzig, dan Club Brugge.


Berikut adalah 5 aturan tersebut:


1.    Durasi pertandingan dipangkas jadi 2 x 30 menit.
Ini jelas bakal dapat banyak protes dari para penikmat dan pecinta sepakbola. Wong durasi 90 menit aja rasanya sebentar, ini sekarang cuma 60 menit. Hhhmm…

2.    Waktu atau timer dihentikan jika bola keluar lapangan.
Kalau biasanya wasit bakal memberi injury time menyesuaikan dengan waktu yang terbuang akibat ada pemain cidera dan lain-lain. Di peraturan baru ini setiap ada kejadian dilapangan yang memakan waktu termasuk bola out, maka waktu akan dihentikan agar tidak ada waktu yang terbuang. Kabarnya aturan ini diadopsi dari basket dan futsal.

3.    Jika bola out, bola tidak dilempar tapi ditendang
Naah, aturan ini juga diadopsi dari futsal, entah kenapa jadi contek-contekan begini.

4.    Pergantian pemain tanpa batas
Jika sebelumnya dalam satu pertandingan FIFA cuma mengijinkan maksimal 3 kali pergantian, lalu menjadi 5 karena pandemi covid. Maka di aturan baru tersebut FIFA bakal menerapkan pergantian pemain tanpa batas sebanyak cadangan yang dibawa oleh tim. Untuk aturan ini memang ada plus minusnya tersendiri sih, salah satunya seluruh pemain bisa turun untuk tampil dalam pertandingan. Kalau misal pemain cadangan yang dibawa sekampung, apa masih boleh gonta-ganti pemain terus?

5.    Pemain yang dikartu kuning, maka minggir dulu alias di break selama 5 menit
Kalau selama ini kartu kuning adalah sebuah peringatan kepada pemain agar bermain lebih sportif dan tidak kasar. Dan jika mendapat kartu kuning kedua maka pemain bakal langsung diusir keluar lapangan. Maka di regulasi yang sedang digodok ini pemain yang mendapat kartu kuning bakal diusir keluar lapangan selama 5 menit. Mungkin ibaratnya dihukum keluar selama 5 menit buat merenung kali yaah, biar introspeksi kesalahan apa yang tadi dilakukan terhadap pemain lawan sampai harus diganjar kartu kuning. Lumayan, sembari nunggu bisa ngopi dulu sambil push rank.


Jadi itulah 5 regulasi baru yang sedang digodok oleh FIFA. Ya kalo dari penulis sih harapannya jangan sampe aturan ini diterapin seutuhnya. Mungkin sebelum diterapin harus ada modifikasi lagi agar tidak mengganggu keasyikan para pecinta dan penikmat sepakbola dalam menonton pertandingan bola. Agar tidak berimbas pada turunnya animo masyarakat dunia pada olahraga ini akibat regulasi.

Sumber : sindonews.com & bolalob.com
Editor : Harry Priandana

KONTROVERSIAL!!! WACANA ATURAN BARU DARI FIFA KONTROVERSIAL!!! WACANA ATURAN BARU DARI FIFA Reviewed by medsa on July 19, 2021 Rating: 5

No comments:

BERITA TERPOPULER

Powered by Blogger.