JEPANG BUKAN LAGI EKONOMI TERBESAR KE-3 DUNIA, JERMAN MENGGUSUR

LiveJapan.com Picture

Medsa.id
- Jepang telah kehilangan posisinya sebagai negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia. Posisinya kini digantikan Jerman.

Raksasa Asia tersebut secara tak terduga tergelincir ke dalam resesi. Secara general resesi sendiri merupakan penurunan ekonomi atau ekonomi negatif, selama dua kuartal atau lebih, dalam satu tahun.

Jepang, yang pernah menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, melaporkan kontraksi selama dua kuartal berturut-turut pada Kamis (15/2/2024). Ekonomi turun 0,4% secara tahunan pada kuartal keempat (Q4) setelah melaprkan kontraksi atau minus (-) 3,3% pada kuartal ketiga (Q3)

Laporan PDB terbaru itu jauh meleset dari perkiraan pertumbuhan 1,4% dalam jajak pendapat para ekonom Reuters. Secara kuartalan (qtq), PDB turun 0,1%, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan 0,3% dalam jajak pendapat Reuters.

Sepanjang tahun 2023, PDB nominal Jepang tumbuh 5,7% dibandingkan tahun 2023. Ini sekitar 591,48 triliun yen (Rp 61.673 triliun). ,

Sebaliknya, Jerman mengalami pertumbuhan PDB nominal sebesar 6,3% hingga mencapai 4,12 triliun euro. PDB nominal mengukur nilai output dalam dolar saat ini, tanpa melakukan penyesuaian terhadap inflasi.

Data terbaru ini resmi membuat indeks acuan Nikkei 225 naik 0,65% dan sempat melampaui angka 38.000 di sesi pagi. Investor melihat pembacaan ekonomi yang lemah sebagai tanda Bank of Japan, dapat menunda keluarnya bank sentral dari kebijakan suku bunga negatif.

"Gambaran pertumbuhan yang mengerikan ini membuat semakin sulit bagi BOJ untuk memperketat kebijakannya," kata kepala strategi FX di Saxo Markets, Charu Chanana, dimuat CNBC International.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news

JEPANG BUKAN LAGI EKONOMI TERBESAR KE-3 DUNIA, JERMAN MENGGUSUR JEPANG BUKAN LAGI EKONOMI TERBESAR KE-3 DUNIA, JERMAN MENGGUSUR Reviewed by medsa on April 10, 2024 Rating: 5

No comments:

BERITA TERPOPULER

Powered by Blogger.